Minggu, 01 Maret 2015

RUANG KERJA

RUANG KERJA

Fungsi Ruang Kerja

Ruang kerja yang terletak di dalam rumah berfungsi sebagai pengganti ruang kerja di kantor. Ruang kerja di dalam rumah biasanya di gunakaan saat pekerjaan di kantor belum selesai.
Ruang kerja bisa diletakan dalam satu kamar atau di ruang lain. Peletakan ruang kerja biasanya tidak terlalu jauh dengan ruang kamar. Dan peletakan ruang kerja sebisa mungkin diletakkan pada tempat yang bisa membuat pemilik tidak bosan, sehingga biasanya peletakan ruang kerja menghadap taman atau pemandangan luar yang sejuk. Berikut beberapa tips mendesain ruang kerja.

UNTUK MENDIMENSI RUANG KERJA PERLU DI PERHATIKAN :

  • Peletakan meja
            Pada dasarnya ruang ierja berisi meja untuk menulis dan meletakkan            komputer, posisi meja kerja sebaikknya jangan letakkan computer        membelakangi jendela karena membuat kita silau saat menatap         layar,posisi     paling nyaman sebaiknya     menghadap jendela atau di samping kanan             atau kiri jendela. 







  •   Pemandangan dan Suara
Ruang kerja membutuhkan pemandangan indah dan suara merdu agar dapat konsentrasi dengan tenang. Contonya menghadap ke jendela, taman,atau berada dekat dengan kolam air mancur.. sehingga dapat mengistirahatkan mata sejenak dan membuat tubuh rileks.





  • Pencahayaan
Pencahayaan di lengkapi jendela untuk penerangan di siang hari. Pada malam hari, lampu bercahaya putih merata, sehingga tidak menimbulkan bayangan beberapa titik. Bila ruangan kerja terpaksa dalam kamar, maka gunakan lampu meja yang tidak terlalu terang dan dilangkapi penutup lampu.






  •   Penggunaan Warna Pada Ruang Kerja
            Untuk ruang kerja yang tidak terlalu luas sebainya pemakaian warna             tidak berbeda-beda karena jika warna pada ruang kerja          berbeda-        beda maka akan membuat kesan berantakan pada ruang kerja    tersebut.






  •   Furnitur atau Rak Buku
            Untuk peletakan rak buku juga sebaiknya diletakkan tidak begitu jauh dengan        meja dan sebaiknya di letakkan di kiri meja agar pemilik saat akan mengambil             buku atau barang-barang di rak buku tidak membuat repot karena harus      berjalan ke rak meja.





  •   Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara untuk ruang kerja sebaiknya diusahakan sejuk atau sedikit dingin, karena jika ruang kerja panas saat kita di ruang tersebut akan merasa panas dan mudah stress.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar